ITN Malang Uji Kekuatan Beton Siswa SMK

ITN-Malang-Uji-Kekuatan-Beton-Siswa-SMK-1

Beberapa siswa SMK terlihat mencampur pasir, semen, dan bahan-bahan pembuat beton secara hati-hati. Sesekali mereka terlibat diskusi dengan teman satu tim. Kali ini mereka tidak hanya sekedar praktek melainkan sedang mengikuti kompetisi Lomba Kuat Tekan Beton (LKTB) 2017 tingkat nasional bagi siswa SMK. Kegiatan yang digelar di Lab Beton ITN ini diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Sipil (HMS) ITN Malang, Kamis (21/12).

Mereka dengan cekatan mengaduk material pembuat beton dengan alat-alat yang sudah disediakan oleh panitia. Setelah bahan-bahan tercampur kemudian adonan beton dilakukan uji slump atau kekentalan beton. Baru setelah itu dimasukkan dalam cetakan beton.

“Hari ini peserta melakukan mixing. Nanti setelah dicetak dan didiamkan selama 28 hari, baru hasilnya akan dilakukan uji kuat tekan,” jelas Febri Setiawan Ketua Pelaksana LKTB 2017.

ITN-Malang-Uji-Kekuatan-Beton-Siswa-SMK-2-732x488

Kegiatan rutin yang sudah digelar kali ketiga ini menurut Febri nantinya bisa menambah dan memperluas ilmu pengetahuan siswa terhadap teknologi beton.

Di sini peserta diharuskan punya inovasi. Bagaimana membuat beton bermutu tinggi dengan biaya yang murah. “Yang dinilai dari segi kuat tekan beton dan harga per Mpa (kekuatan tekan beton),” katanya.

Dia menambahkan bahwa kegiatan ini juga sebagai ajang silaturahmi dan mengenalkan dunia teknik sipil kepada siswa SMK. “Dengan LKTB maka akan terbentuk kompetisi yang sehat. Peserta juga bisa mengukur  pemahaman teknik sipil yang selama ini mereka pelajari,” tutupnya. (mer/humas)

image_pdfDownload PDF Versionimage_printPrint Page