Miniatur Rumah Karya Mahasiswa Baru Penuhi Syarat Rumah Tinggal

Miniatur-Rumah-Karya-Mahasiswa-Baru-Penuhi-Syarat-Rumah-Tinggal-2-732x549

Miniatur rumah tinggal dengan berbagai tipe dan konsep berjajar rapi di auditorium Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang. Miniatur -miniatur ini merupakan hasil karyanya mahasiswa baru Teknik Sipil yang dipresentasikan dalam ajang Civil Gathering 2018 bertajuk ‘Beat the Fear Grab the Future’, Jumat (9/11/18).

Ir. Ester Priskasari, MT., dosen Teknik Sipil sekaligus sebagai juri mengapresiasi karya mahasiswa tersebut. “Mayoritas hasil karyanya (mahasiswa) sudah memenuhi syarat untuk dijadikan rumah tinggal. Meskipun konstruksinya masih mencontoh, tapi secara umum sudah bagus,” tutur Ester saat ditemui usai penjurian.

Presentasi miniatur rumah tinggal ini dinilai dari beberapa aspek yakni, tata ruang, estetika, presentasi, serta wawasan. Konsep miniatur merupakan rumah tinggal dengan dua lantai yang ‘green energy’ (ramah lingkungan).

Miniatur-Rumah-Karya-Mahasiswa-Baru-Penuhi-Syarat-Rumah-Tinggal-1-768x533

Sebagai juri, Ester memberikan banyak masukan kepada mahasiswa mengenai konsep yang mereka buat. Salah satunya saat membuat rumah harus memperhatikan konsep bangunan. Konsep ‘green energy’ dipilih supaya rumah tinggal tidak menggunakan banyak listrik, AC, serta pemakaian lampu harus diperhatikan.

“Harapan kami supaya mereka (mahasiswa) semakin menggali ide-idenya, dengan mengangkat rumah adat. Rumah adat kita sangat banyak, bagus, dan merupakan rumah tahan gempa. Bahkan tidak kalah dengan rumah adat Jepang yang tahan gempa,” tandasnya, saat menjadi juri bersama Mohammad Erfan, ST.,MT. (me/humas)

image_pdfDownload PDF Versionimage_printPrint Page